Selamat Datang di "Coba Bercerita, Yuk!" Ada banyak makna di balik cerita, maka berceritalah melalui tulisan!

Selasa, 31 Mei 2011

Artikel Sehat : Jerawat Memang Bikin Gawat!!!


Good Morning All…..Hari ini cerah yaa. BAKER BUNDER (mBAK apotekER, BUNDa doktER) kembali menemani cendolers lagi, sepertinya Kelas Cendol penuh lope-lope, warna pink menyebar di mana-mana, semua orang jatuh cinta, dari pasangan bocah dek Jadul dan dek Kilan, pasangan remaja Aa Ceko dan Ceu Nimas, upss tapi katanya si Aa Ceko Spy sekarang berpaling ke Baker ya? (pantesan Klinik dan Apotek Cendol rame mulu sama wartawan), pasangan dewasa kak Divin dan kak Ricky sampai pasangan berumur mbak Nessa dan mas Agus, belum lagi pasangan-pasangan lain yang pedekate di belakang layar. Bener-bener May Love Story (eh kayanya bisa dijadiin judul cerpen nih…eehhm May Love Story).
Tapiiii, gawat! Jerawaaaaat! Tidakkkkkkk! Jatuh cinta bikin jerawat pada muncul! Inbox bunder Tietie Surya langsung penuh sama pertanyaan seputar jerawat. Terus Bunder langsung melucur ke Jakarta pakai sepatu roda buat bertemu baker Dyani T. Wardhyni minta obat anti jerawat! Triiingg…Baker teringat waktu S1 skripsinya membuat krim anti jerawat dari sari buah tomat, itupun terinspirasi dari diri sendiri yang jerawatan. Sambil ngopi-ngopi, makan singkong, tengah hari bolong, akhirnya BAKER BUNDER memutuskan, hari Selasa, tanggal 31 Mei 2011, akan membahas tentang JERAWAT. Mari silahkan baca……
Kita mulai dulu dari kulit. Bukan kulit sembarang kulit, ini kulit sejati bukan silicon apalagi kulit kambing. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia. Kulit mempunyai banyak fungsi, didalamnya terdapat ujung saraf peraba, membantu mengatur suhu dan mengendalikan hilangnya cairan dari tubuh dan mempunyai sedikit kemampuan exkretori, sekretori dan absorpsi. Kulit dianggap sebagai cermin penampilan seseorang, oleh karena itu tidak salah banyak orang yang senantiasa merawat kulit khususnya bagian wajah karena pada bagian ini banyak terdapat kuman penyebab jerawat.
Si kecil menyebalkan ini alias jerawat termasuk salah satu gangguan kulit yang umumnya terdapat pada wajah, dada bagian atas, punggung dan bahu. Jerawat dapat timbul akibat produksi minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran dan sel-sel kulit mati. Kotoran yang menempel tersebut akhirnya menyumbat pori-pori dan membuat minyak tidak bisa keluar. Sehingga kuman dapat berkembang biak dan mengeluarkan kotoran dalam bentuk asam lemak yang menyebabkan jerawat memerah dan meradang. Selain itu perubahan hormon pada masa pubertas juga dapat mempengaruhi.
Selain itu dari sudut pandang medis timur, jerawat disebabkan karena ketidak seimbangan fungsi yin yang dari sistem pencernaan ( usus halus, usus besar dan lambung) dan paru-paru. Kesehatan kulit termasuk kulit wajah sangat dipengaruhi oleh sehatnya paru-paru yang memiliki peranan mengontrol seluruh masalah kulit. Sementara kesehatan paru-paru sangat dipengaruhi oleh kinerja system pencernaan. Karena itu perhatikan dengan cermat makanan yang kita makan agar dapat menyeimbangkan fungsi paru-paru dan system pencernaan secara benar.
Ada beberapa gejala dari timbulnya jerawat, berupa sumbatan berbagai komedo tertutup atau sumbatan berkepala putih, (jika tidak menonjol dari folikel dan tertutup dari epidermis). Warna hitam disebabkan oleh melanin folikel. Pecahnya atau kebocoran dari pembesaran sumbatan kedalam dermis menyebabkan radang dan bisul jerawat karakteristik serta adanya papula pada bentuk yang patah, terjadi kista jerawat atau abses.
Bukan hanya jabatan yang punya tingkatan, ternyata jerawat diklasifikasi berdasarkan empat tingkat keparahannya sebagai berikut :
Grade I, mild acne atau jerawat ringan, dapat disebabkan karena kulit tertutup oleh komedo yang terbuka (blackhead) dan menyumbat pori-pori yang membesar. Penyumbat pori-pori akan berubah warna hitam karena teroksidasi udara sedangkan komedo yang tertutup (whitehead) kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.
Grade II, terdiri dari komedo tertutup atau whitehead tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Oleh sebab itu permukaan kulit menjadi tidak rata sampai menghasilkan komedo yang terbuka atau blackhead tidak disertai pembengkakan, tetapi apabila tidak adanya perawatan akan mudah timbulnya papule dan pustule.
Grade III, jerawat sedang terdiri dari keduanya komedo tertutup dan komedo terbuka, yang kemudian komedo tersebut dapat menyebabkan pembengkakan dan berkembang menjadi papule dan pustule.
Grade IV, cystic acne atau jerawat berat. Seseorang yang pada Grade IV tidak hanya mempunyai komedo tertutup dan terbuka tetapi papule dan pustule yang menimbulkan iritasi, pembengkakan dan pada akhirnya jaringan kulit akan rusak dan meninggalkan bekas luka.
Jerawat dapat disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda-beda, antara lain :
  • Sebum. Sebum merupakan factor utama penyebab timbulnya jerawat. Jerawat yang keras selalu disertai pengeluaran sebore yang banyak.
  • Bakteria. Mikroba yang terlibat pada terbentuknya jerawat adalah Corynebacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, dan Pityrosporum ovale. Dari ketiga mikroba ini yang terpenting yaitu Corynebacterium acnes yang bekerja secara tak langsung.
  • Keturunan. Anak-anak dari orang tua yang berjerawat, pada umumnya cenderung memiliki jerawat jika tidak diusahakan pencegahannya.
  • Hormon. Hormon androgen berasal dari testes dan kelenjar anak ginjal (adrenal). Hormon ini menyebabkan kelenjar palit bertambah besar dan produksi sebum meningkat. Estrogen pada keadaan fisiologik tidak berpengaruh terhadap produksi sebum. Estrogen dapat menurunkan kadar gonadotropin yang berasal dari kelenjar hipofisis. Hormon gonadotropin mempunyai efek menurunkan produksi sebum. Progesteron dalam jumlah fisiologik tidak mempunyai efek terhadap aktivitas kelenjar lemak. Produksi sebum tetap selama menstruasi, tetapi kadang-kadang progesteron dapat menyebabkan jerawat pramenstrual.
  • Iklim. Di daerah yang mempunyai empat musim, biasanya jerawat bertambah hebat pada musim dingin, sebaliknya membaik pada musim dingin. Sinar ultraviolet (u.v) mempunyai efek membunuh bakteri pada permukaan kulit. Sinar u.v juga dapat mengadakan pengelupasan kulit yang dapat membantu menghilangkan sumbatan saluran pilosebase. Bertambah hebatnya jerawat pada musim panas bukan disebabkan oleh sinar u.v, melainkan oleh banyaknya keringat pada keadaan yang sangat lembab dan panas tersebut.
  • Psikis. Pada beberapa penderita, stress dan gangguan emosi dapat menyebabkan eksaserbasi jerawat. Eksaserbasi ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon androgen dari kelenjar anak ginjal dan sebum, bahkan asam lemak dalam sebum pun meningkat.
  • Kosmetika. Pemakaian bahan-bahan kosmetika tertentu secara terus menerus dalam waktu lama dapat menyebabkan jerawat ringan terutama komedo tertutup pada bagian pipi dan dagu. Kosmetik yang lengket dan berminyak mudah ditempeli kotoran dan kuman-kuman disebut kosmetika penyebab jerawat (acnegenic).
  • Bahan-bahan kimia. Beberapa macam bahan kimia dapat menyebabkan erupsi yang mirip dengan jerawat (acnefrom-eruption), seperti iodida, kortikosteroid, dan I.N.H.
Usaha Pencegahan :
  • Berusaha selalu berjiwa dan berpikir tenang. Apapun yang terjadi, tidak perlu gelisah, yang penting ialah bagaimana cara mengatasi setiap persoalan.
  • Jagalah selalu kebersihan kulit dan tangan. Rajin mandi dan cuci tangan. Gunakan sabun mandi yang baik, terutama pH-nya (pH=seimbang) telah disesuaikan dengan pH kulit yang agak asam, sehingga bersifat antikuman sebagai mantel asam kulit yang melindungi kulit.
  • Mengurangi makan-makanan yang berlemak dan pedas seperti daging yang berlemak tebal, keju, kacang, mentega, coklat dan sebaiknya banyaklah memakan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan, minum air putih terutama pada pagi hari sewaktu bangun tidur.
Pengobatan :
Cendolers, untuk mengatasi jerawat telah banyak sediaan digunakan secara oral dan topical. Pengobatan topical dengan obat yang bersifat iritan, misalnya sulfur, resorsinol, asam vitamin A mempercepat menghilangnya erupsi kulit. Pemberian obat antiakne sistemik sesuai dengan beratnya penyakit memberikan hasil yang cukup baik. Pengobatan secara oral diberikan obat tetrasiklin, eritromisin, dan klindamisin.
Terapi Herba Usir Jerawat :
Beberapa jenis herba berikut dapat dijadikan alternatif untuk mengusir jerawat bandel agar wajah cendolers yang lagi jatuh cintrong ataupun yang jombolers kembali kinclong kinyis-kinyis.
1. Terapi untuk jerawat dapat dilakukan dengan mengoleskan irisan buah tomat pada permukaan wajah. Penggunaan tomat (Lycopersicum esculentum Mill) sebagai obat jerawat secara tradisional biasanya digunakan dengan cara, memilih buah tomat yang sudah masak kemudian dipotong-potong dan setelah itu langsung digosokkan pada wajah yang berjerawat. Kandungan Tomatin pada tomat berkhasiat sebagai anti radang, vitamin C dan karoten sebagai antioksidan sedangkan asam sitratnya akan mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat.
2. Selain tomat, secara alamiah jerawat dapat disembuhkan juga dengan kunyit dan bangkuang. Caranya, ambil 1 jari empu kunyit (kunyit dalam ukuran besar dan tua) dan setengah buah bangkuang ukuran kecil, cuci bersih lalu diparut dan oleskan di wajah sebagai bedak dingin, diamkan selama 1 jam lalu cuci bersih wajah dari sisa-sisa bedak dingin tersebut.
3. Pada jerawat bandel, bisa menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Caranya ambil 1 sendol teh madu, satu buah jeruk nipis diperas dan ambil airnya sebanyak 1 sendok teh. Campurkan keduanya secara merata dan oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air biasa.
4. Buah belimbing wuluh 5 buah, daun sirih 5 lembar, keduanya direbus dengan 1 liter air, setelah mendidih kecilkan api kompor dan biarakn terus mendidih sampai airnya tersisan ¾ nya. Ambillah 400ml air rebusan itu dan diminum 2 x sehari @ 200ml dan sisa airnya untuk cuci muka tapi sebelumnya gunakan belimbing wuluh dan daun sirih yang sudah direbus tadi untuk
menggosok-gosok wajah yang gunanya sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati dan sebum.
Nah Cendolers, penyebab jerawat sudah kalian ketahui. Cara mengobatinya juga sudah kami paparkan. Sekarang tinggal take action deh, tidak pake lama apalagi malas. Jangan sampai gebetanmu kabur gara-gara ill feel sama jerawat usil yang dengan manis menghiasi wajahmu.
Buat yang mau konsultasi jangan lupa ambil nomor antrian di loket yang kali ini dijaga oleh petugas bernama si Jadoel. Sebelum lupa, buat kalian yang nggak sempat mencetin jerawat sambil nunggu antrian silakan deh konsultasi lewat inbox Baker Bunder atau lewat chat fb, maklumlah, kami berdua adalah praktisi medis keren yang gaul dan stress gara-gara terperangkap di klinik cendol. Ayoo…ayoo ngantri sebelum penjaga loketnya berhenti bernyanyi diringi gitar sang pengamen cinta.
Antrilah di loket, untuk beli tiket
Jangan lupa bawa dompet
Buat nebus resep, awas ada copet…

Salam sehat dan suktress selalu
Baker Bunder Yang Keren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya....