Selamat Datang di "Coba Bercerita, Yuk!" Ada banyak makna di balik cerita, maka berceritalah melalui tulisan!

Selasa, 17 Mei 2011

Artikel Sehat : Kalau Cendolers Sakit Kepala


Hallloooo Cendolers, ketemu lagi di hari Selasa yang indah ini, masih bersama kami tim BAKER BUNDER alias mBAk apoteKER dan BUNDa doktER. Seperti biasa kami menyediakan konsultasi GRATIS TIS TIS sampai pukul 20.00 wib. Tapi masih ingat persyaratannya kan? Boleh konsultasi kalau sudah baca postingan di bawah ini. Konsultasi yang berbeda dengan postingan di bawah ini tetap kami layani dengan lapang dada dan ikhlas lahir bathin dunia akhirat, karena sesuai dengan visi kami “Melayani dengan senyuman dan hati tulus”. Okeee selamat membaca yaa…..

“Jangan ganggu saya! Saya lagi sakit kepala nih!” wahh, sering banget kan kita dengar orang-orang mengucapkan itu atau “Saya lagi pusing, kepala cenat cenut, cekat cekot!” Hmmm apalagi ya?? Sebenarnya cendolers tahu gak sih apa saja penyebab dari sakit kepala, trus pencegahannya bagaimana?? Mariiiiii kita cari tahu bersama-sama…….
Sakit kepala atau nyeri kepala termasuk penyakit yang sering dirasakan hampir 90% manusia di muka bumi. Gejala sakit kepala juga menjadi ciri-ciri adanya gangguan di dalam tubuh tentunya selain dari gejala-gejala lain yang ditimbulkan. Cendolers, sakit kepala biasanya muncul lebih sering ketika mengalami stress dan tekanan, selain itu ada beberapa penyebab dan macam-macam sakit kepala. Karenanya, langkah awal dari penyembuhan dengan mengetahui secara pasti penyebab dan jenisnya. 

·         Berikut ini beberapa hal penyebab sakit kepala atau nyeri :
Mata tegang. Cendolers masih ingat dengan postingan Selasa lalu tentang penyakit Computer Vision Syndrome (CVS) yang salah satu gejalanya sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah) dan rasa sakit pada bahu. Hmmm, sudah jelas bukan dengan terlalu seringnya kita berada di depan computer maka akan sering pula kita mengalami sakit kepala. Atur waktu sebisa mungkin kapan berada di depan computer dan kapan saat mata beristirahat.
Kegiatan yang berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala saat olahraga terjadi apabila pemanasan kurang, asupan makanan saat olahraga sedikit dan dehidrasi dapat memicu sakit kepala. Bukan hanya berolahraga yang berlebihan kegiatan yang berlebihan tanpa istrirahat juga menyebabkan sakit kepala.
Leher tegang, pegal dan sakit akibat bekerja sambil duduk yang terlalu lama, misalnya mengetik depan komputer dapat menyebabkan sakit kepala.
Alergi makanan, ternyata dapat menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu hindari makanan atau minuman yang menyebabkan alergi. Karena setiap orang mempunyai sifat alergi yang tidak sama, maka untuk cendolers yang sudah tahu mempunyai alergi, sebaiknya mencegah terlebih dahulu.
Cendolers tahu, lapar bisa juga menyebabkan sakit kepala, karena kadar gula dalam darah turun, jadi, sebisa mungkin makanlah secara teratur.
Makanan atau minuman yang terlalu dingin akan merangsang saraf yang menyebabkan sakit kepala. Tetapi sakit kepala akibat makanan dan minuman dingin biasanya hanya berlangsung sesaat.
Sinus yang membengkak juga memicu sakit kepala.
Jadwal tidur yang berubah dan tidur yang tidak cukup juga bisa membuat sakit kepala, sebisa mungkin tidurlah secara teratur dan cukup sesuai kebutuhan tubuh.

·     Sama seperti cendol yang mempunyai berbagai macam rasa, sakit kepala juga nggak mau kalah, mempunyai berbagai macam jenis, diantaranya :
Sakit kepala alergi. Gangguan ini biasanya bersamaan dengan gejala hidung meler, mata berair, dan tenggorokan sakit. Gejala ini dapat ditimbulkan oleh makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi. Hati-hatilah. Pada beberapa orang ada juga yang alergi terhadap obat tertentu.
Sakit kepala pasca-trauma. Sering muncul sebagai dampak dari kecelakaan, meski hanya sedikit cedera di kepala. Rasa sakit biasanya muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan dapat berlangsung sampai setahun setelah kejadian.
Migrain. Sakit kepala migrain umumnya dirasakan lebih berat ketimbang sakit kepala akibat ketegangan.. Migrain dirasakan pada satu sisi kepala saja dan sering juga di belakang salah satu mata. Maka sering disebut "sakit kepala sebelah". Dan masih banyak lagi. 

·         Petunjuk berikut ini bisa dijadikan acuan untuk memecahkan masalah sakit kepala, yaitu :
Bila sakit kepala muncul tiba-tiba dan sangat nyeri, pertanda adanya pembuluh darah arteri di otak yang pecah. Hal ini dapat mengancam jiwa. Penanganan medis harus segera dilakukan.
Jika sakit kepala dibarengi dengan demam dan leher pegal, kemungkinan Anda terserang meningitis. Segera deh cari bantuan medis secepatnya
Seandainya sakit kepala selalu terjadi setelah melakukan tugas yang mengandalkan indera penglihatan seperti membaca atau menjahit, pertanda ada ketidakberesan pada mata.
Tumor, stroke, atau mungkin sulit tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala mendadak yang amat nyeri. Akibatnya, tubuh terasa lemah dan dibarengi dengan penglihatan yang kabur. Sakit kepala ini berawal sebagai nyeri kecil dan semakin parah di pagi hari. Diperlukan pemeriksaan sesegera mungkin untuk mengetahui penyebabnya.
Jika sakit kepala dirasakan lebih parah di pagi hari ketimbang siang hari, pertanda adanya tekanan darah tinggi.
Bila sakit kepala dibarengi oleh rasa nyeri di mata, telinga atau gigi, menunjukkan terjadinya infeksi. Segeralah mencari bantuan medis untuk mengatasi infeksi tersebut.
Demikian cendolers, maka jangan anggap enteng sakit kepala yaaa, karena bisa berakibat fatal… Oke sekian dari kami tim BAKER BUNDER. Berhubung mbak Apotekernya lagi nggak jaga, jadi bunda bertugas sendirian, antri yang tertib. O ya setelah kalian baca mading ini, kalau mau bertanya silakan saja dan Bunder akan menjawab setelah pukul sepuluh, karena mendadak ada panggilan gawat darurat pagi okeeey.

Salam sehat dan sukstres
Baker bunder

NB : Mbak Apoteker lagi jalan-jalan sama teman sejawatnya ke Bandung, katanya mau ketemu sama aa Ceko Spy, jadi bagi cendolers yang masih jomblo dan berminat punya pacar para Apoteker muda silahkan daftar…


2 komentar:

  1. kira-kira kalau ngeblog bisa sakit kepala ga gan heheheh

    BalasHapus
  2. bisaa banget, apalagi waktu ngeblog utang numpuk, terus kepala sambil di jedot-jedotin, sakitnya mantap gan! hahaha

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentarnya....