Selamat Datang di "Coba Bercerita, Yuk!" Ada banyak makna di balik cerita, maka berceritalah melalui tulisan!

Selasa, 10 Mei 2011

Artikel Sehat : Cara Sehat Meramu Cendol (CErita Nulis Diskusi OnLine Sehat)

Selamat Pagi cendolers....Hari ini mBAk apoteKER Dyani T. Wardhyni (selanjutnya disebut BAKER) dan BUNda dokTER Titie Surya (selanjutnya disebut BUNDER) buka forum konsultasi seperti sudah dijadwalkan oleh sekretaris Divin Nahb.
Sebelum kalian konsultasi, WAJIB baca tempelan di mading Klinik Cendol, yang belum baca DILARANG untuk konsultasi....okeeeey cendolers....*harus okey, maksa...
CARA SEHAT MERAMU CENDOL
Salam sehat cendolers, gimana hari-hari kalian di sekolah cendol ini? Masih suka dengan kesegaran cendol yang selalu disuguhkan di setiap bagian sekolah ABC tercinta? Tapi cendolers, tahukah kalian bagaimana meramu cendol dengan sehat? Di antara kalian pasti deh ada yang bikin cendol sambil merokok, ada juga pasti yang sambil ngemil bahkan ngupil dan dibela-belain begadang demi mendapat inspirasi resep cendol terenak sedunia. Sebagai cendolers kelak jika kalian lulus dari sekolah ini diharapkan mampu meracik cendol yang unik, cantik, dan menggelitik (cendol apa bulu ayam pake menggelitikk hehehe)…uuuppss kembali ke topik, kali ini Baker Bunder akan mengajak cendolers belajar meramu cendol dengan sehat. Yuuk kulik tips berikut :
1. Menjaga kesehatan, khususnya pola makan merupakan hal yang pertama kali harus cendolers lakukan untuk bisa menghasilkan cendol yang nikmat. Bagaimana kalian mau buat cendol kalau badan lemah, lunglai, letih, lesu dan loyo. Untuk itu asupan nutrisi harus kalian perhatikan. Makanlah makanan bergizi seimbang dan sesuai kebutuhan. Tubuh kita membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan air yang cukup. Kelebihan atau kekurangan salah satu unsur tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita. Keseimbangan nutrisi diperlukan tidak hanya untuk kesehatan organ-organ tubuh kita tapi juga untuk keseimbangan psikologis.
Cendolers, coba bayangkan kalau seharian kalian meramu cendol di depan komputer atau laptop tapi cuma makan kripik atau kacang goreng? Apa yang akan terjadi dengan kebiasaan makan yang salah? Perlahan tapi pasti tubuh kalian akan protes karena tidak dipenuhi haknya. Organ-organ tubuh kalian akan menua sebelum usia kalian tua. Contohnya ginjal akan mengalami penurunan fungsi akibat kebutuhan air yang seharusnya minimal 2 liter perhari tidak terpenuhi padahal posisi banyak duduk dalam bekerja membuat ginjal butuh asupan air lebih banyak. Begitu juga system pencernaan kalian akan renta karena tidak mendapat asupan makanan yang harus diproses untuk mencegah bertambahnya gas asam lambung yang setiap saat bisa naik menekan batang syaraf dan mengakibatkan pusing, sakit kepala, migrain dan parahnya lagi penyempitan syaraf otak.
Ketidak seimbangan nutrisi juga dapat memicu timbulnya penyakit kronis seperti diabetes mellitus, jantung koroner, kanker dan osteoporosis. Belum lagi efek psikologis yang akan menyebabkan kalian kehilangan konsentrasi, bad mood dan marah-marah nggak jelas sampai banting-banting benda apapun yang terjangkau tangan, masih untung kalian sadar tidak membanting laptop sang teman setia. Lebih baik membanting tulang menghasilkan karya yang oke.
2. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan merokok, karena merokok memberi andil dalam menurunkan fungsi kinerja organ tubuh, terutama pada system pernafasan. Akibat negatif dari merokok sesungguhnya sudah terasa ketika baru saja menghisap rokok. Rokok yang dibakar membara menghasilkan CO (karbon monoksida), tar dan nikotin yang masuk ke jalan nafas akan berpengaruh terhadap syaraf dan menyebabkan gelisah, tangan gemetar, selera makan berkurang, batuk, sesak nafas, jantung berdebar-debar, meningkatkan kadar kolesterol dan tekanan darah dan pasti memicu kanker paru-paru. Padahal merokok bukanlah cara yang baik buat menangkap ide dan menjaga mood yang kerap dijadikan alasan “supaya dapat ide” atau “supaya idenya lancar”dalam meramu cendol.
3. Begadang jangan begadang….Hayooo siapa diantara cendolers yang sering ngalong dan nemenin jeng kunti keluyuran tengah malam? padahal bu guru Divin sudah melolong tanda tepat tengah malam yang harusnya juga menjadi tanda untuk kalian segera tidur. Mencari ide dan mendapat mood baik seringkali dijadikan alasan oleh para penulis untuk begadang. Padahal sebuah karya bisa dihasilkan tidak cuma diwaktu malam yang seharusnya digunakan untuk tidur. Tubuh kita membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk melakukan self healing pada system kerja organ tubuh yang sudah lelah seharian bekerja.
Tidur yang sehat akan membuat tubuh dengan mudah menghasilkan hormone melatonin yang cuma bisa dihasilkan saat kita tidur. Hormon melatonin ini diproduksi oleh kelenjar pineal pada malam hari dimana asam amino esensial, tryptophan diubah aktifitas enzim menjadi serotonin sebelum sampai ke bentuk melatonin, hormon yang berperan dalam pengaturan bioritme tubuh dalam hal tidur. Bioritme tubuh akan mengkondisikan tubuh untuk relax dan memberi kesempatan setiap organ untuk melakukan self healing. Contohnya : pernahkah diantara kalian mengalami sakit kepala atau flu yang sembuh dengan sendirinya disaat tidur malam kalian tercukupi? Itu tanda bahwa hormon melatonin membantu organ yang sakit untuk melakukan self healing.
Melatonin tak hanya berperan dalam pengaturan bioritme tidur saja, namun juga memiliki banyak fungsi sampingan lainnya bagi tubuh. Yang tercatat adalah sebagai antioksidan yang banyak diteliti dalam fungsi kesehatan jantung, antikanker, gangguan-gangguan endokrin, pencegah proses penuaan termasuk juga pemeliharaan fungsi seksual.
Kekurangan waktu tidur pada malam hari bagaimanapun tidak dapat digantikan dengan kalian tidur seharian penuh disiang hari. Karena hormon melatonin hanya dikeluarkan pada malam hari dan menacapai batas maksimalnya jika kalian tidur dalam gelap dengan mematikan lampu di ruang tidur.
Akan lebih baik jika kita memaksimalkan waktu siang untuk bekerja. Sebagai cendolers professional, seharusnya mampu membuat cendol tidak cuma waktu malam melainkan disegala waktu, cuaca dan kesempatan. Alih-alih begadang, karya yang dihasilkan akan lebih baik jika kita tidur paling lambat pukul sebelas malam dan bangun lagi pukul tiga dinihari, lalu sholat tahajud. Selepas tahajud sambil menunggu subuh, waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk menulis dan sehabis subuh masih bisa menulis lagi sebelum kalian menyibukkan diri dengan aktivitas sekolah dan kuliah bagi cendolers yang anak sekolahan dan kuliahan, beres-beres rumah, masak dan mengurus keluarga bagi cendolers emak-emak yang luar biasa. Selain itu siang hari waktu yang ada disela-sela segala kesibukkan tetap bisa digunakan untuk menulis.
4. Mata jendela hati, pernah dengar ungkapan ini kan cendolers?. Setiap hari berhadapan dengan komputer atau laptop akan membuat mata menjadi lelah, bahkan gangguan penglihatan. Akibatnya sering pusing, mata merah dan berair, apalagi kalau sambil ngiris bawang, hehe. Komputer, laptop, atau gadget lainnya dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. Gejala CVS dapat cendolers rasakan apabila mengalami mata merah, pedih dan berair, kering, terasa lelah, kelopak mata atau dahi terasa berat, sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah) dan rasa sakit pada bahu. Selain mengalami CVS, juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata, lain halnya bola mata mata keluar kalau mas Pilo lihat cewek lewat.
Trus bagaimana ya cara mengatasinya? Lebih baik pakailah tambahan layar anti radiasi pada komputer dan laptop cendolers. Perhatikan agar kacamata atau lensa kontak (jika cendolers sudah menggunakannya) selalu bersih untuk menghindari iritasi pada mata. Biasakan cendolers sediakan waktu 10 menit setiap 1 jam dan 20 menit setiap 2 jam dan seterusnya untuk mengistirahakan mata agar tidak lelah. Saat mata beristirahat, usahakan melihat pada jarak yang jauh dan lebih baik lagi berwarna hijau seperti sawah, pepohonan, atau rumput tetangga yang katanya lebih hijau, benar tidak mas Agus Linduaji? Lalu monitor cendolers jangan terlalu terang, perkecil penerangan monitor, semakin gelap semakin baik, asal jangan gelap-gelapan dan justru sulit terbaca. Ini akan mencegah mata cepat lelah dan menghindari mata min. Jangan pernah mematikan lampu saat menyalakan komputer, atau berada di ruangan yang sedikit pencahayaan ini sangat berbahaya untuk mata, karena mata akan diforsir lebih keras dibandingkan saat lampu masih menyala. Tidur didekat komputer atau laptop yang masih menyala, lebih baik matikan terlebih dahulu. Karena komputer, laptop dan gadget dapat mengeluarkan radiasi saat menyala. Jika sedang mendownload lalu ditinggal tidur, usahakan tidur di tempat yang jauh dari komputer, atau komputernya boleh juga dititip ke tetangga. Perbanyaklah makan sayur-sayuran dan konsumsi vitamin untuk mata. Ini akan membuat mata cendolers segar kembali.
Keempat tips diatas akan sangat bermanfaat jika kita mau berkomitmen pada diri sendiri untuk menerapkannya. Karena bagaimanapun kesehatan adalah harga mutlak yang tidak bisa ditawar kalau cendolers mau menghasilkan cendol yang bermutu dan menyegarkan banyak orang. Sangat tidak lucu sekali (kecuali Ceko melucu ala Hilman) kalau gara-gara sakit karena kurang gizi, terlalu banyak merokok, begadang, tidak bisa melihat, akibatnya kalian salah mencampur komposisi bahan dalam cendol yang diramu, nanti bukannya manis malah jadi asin karena salah memasukkan garam padahal yang dimaksud gula.
Mulailah menerapkan pola hidup sehat dari sekarang jangan tunggu sakit datang menyerang yang mengakibatkan cendol salah ramuan jadi terbuang.

Salam sehat dan sukstress
Baker Bunder

3 komentar:

  1. buat poin no.3 dan no.4 ane kurang setuju gan soalnya ane klo posting malem sambil ngisep rokok biar ga buntu hehehehe

    BalasHapus
  2. hahahhahah, ngisep rokoknya ganti aja jadi gigit pensil :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentarnya....