Selamat Datang di "Coba Bercerita, Yuk!" Ada banyak makna di balik cerita, maka berceritalah melalui tulisan!

Selasa, 24 Januari 2012

Artikel Sehat : Vitamin C? Yes!


Assalamualaikun dan Selamat pagi… 
           “Vitamin jiwa adalah dengan bersyukur dan berdoa”.

            Apa kabar? Hmm… semoga dalam keadaan sehat walafiat, ya. Musim yang tidak menentu, kadang panas, kadang hujan  membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan tubuh. Biasanya penyakit yang sering timbul saat pancaroba, seperti flu, radang tenggorokan, belum lagi masuk angin karena kehujanan. Sebenarnya semua itu bisa kita cegah dengan mengkonsumsi makanan sehat, teratur dan juga mengkonsumsi vitamin yang cukup.
Cendolers, seperti yang kita tahu, ada banyak sekali jenis vitamin. Vitamin sendiri dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Contoh vitamin yang larut dalam air, yaitu B dan C, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas vitamin C dan manfaatnya untuk tubuh. Cekidot…

Vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu senyawa kimia yang selain itu disebut juga asam dehidroaskorbat. Asam ascorbat berbentuk bubuk kristal kuning keputihan yang larut dalam air dan memiliki sifat-sifat antioksidan.
Vitamin C (asam askorbat) tentunya banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin C dapat berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang juga merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya.
Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami. Antioksidan di dalam vitamin C dipercaya dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi yang terjadi di sekitar kita. Selain itu vitamin C juga berperan dalam menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh, penutupan luka saat terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan. Melalui mekanisme inilah vitamin C berperan dalam menjaga kebugaran tubuh dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.
Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri pada persendian. Sedangkan akumulasi vitamin C yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal, gangguan saluran pencernaan, dan rusaknya sel darah merah.
Cendolers, mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tepat secara teratur, dapat menghambat proses penuaan dini, menghaluskan kulit, sekaligus menghambat kinerja enzim tirosinase; yaitu enzim yang bertugas membantu pembentukan pigmen di kulit. Jika proses pigmentasi terhambat, kulit pun terlihat lebih bersih dan cerah.
Dari mana saja sih sumber vitamin C itu? Selain mudah didapat dari bahan makanan alami, vitamin C dapat kita temukan dalam buah-buahan yang rasanya asam seperti jeruk, stroberi, atau nanas, dan sayuran seperti brokoli, seledri, dan tomat. Berbagai produk suplemen di pasaran juga dapat menjadi alternatif pilihan kita untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi secara oral dapat menyebabkan masalah pada lambung.
Sejak lama vitamin C sudah dikenal untuk perawatan kulit dengan cara dioleskan atau dengan suntikan langsung ke pembuluh darah (intravena). Cendolers ada niatan untuk suntik vitamin C? Sebaiknya sebelum melakukan suntik vitamin C, konsultasi dahulu dengan dokter. Hal ini dimaksudkan agar pemberian dosis dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, Cendolers.
Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi psikologis, atau banyaknya aktifitas seseorang. Namun, setiap orang bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dengan mengonsumsinya dalam jumlah kecil dan sering. Hal ini jauh lebih efektif karena vitamin C akan berada di dalam tubuh secara terus menerus. Tubuh yang memiliki asupan vitamin C yang cukup akan terhindar dari infeksi, gusi berdarah, dan nyeri sendi.
Cukup sekian, Cendolers. Selebihnya kita berdiskusi saja. Biasanya dari diskusi justru kita bisa mendapatkan banyak ilmu. Hatur nuhun…

Salam Selasa Sehat,
Baker Bunder
Dyani T. Wardhyni dan Titie Surya

1 komentar:

  1. infonya menarik banget, kalau vitamin jiwa pastilah bersyukur.

    jangan lupa kunjungan ya, ditunggu like thisnya juga ^^

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentarnya....