Selamat Datang di "Coba Bercerita, Yuk!" Ada banyak makna di balik cerita, maka berceritalah melalui tulisan!

Selasa, 19 Juli 2011

Artikel Sehat : Iiihh, Serem! Zat Kimia Berbahaya Ada Disekitar Kita!

Assalamualaikum, Selamat pagi, Hai Cendolers…..
“Ia yang mempunyai kesehatan, mempunyai harapan, dan ia yang mempunyai harapan, mempunyai segalanya.” [Pepatah Cina]
Bagaimana keadaan kalian hari ini? Tetap sehat walafiat, kan? Jumpa lagi dengan Baker Bunder (mBAK apotekER dan BUNDa doktER) yang tetap keren dan baik hati, pastinya dong!
Baker Bunder kali ini mau berbagi sedikit tentang toksisitas zat kimia rumah tangga. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai zat kimia dan bahayanya, karena bagaimanapun manusia tidak dapat hidup tanpa zat kimia yang ada disekitar.
Pentingnya kita mengetahui zat-zat yang ada disekitar sehingga dapat memafaatkan secara baik dan terhindar dari dampak buruknya. Zat kimia yang masuk kedalam tubuh secara sengaja atau tidak sengaja, dapat melalui kulit, pernafasan dan mulut.
TOKSISITAS ZAT KIMIA RUMAH TANGGA.
Tahukah Cendolers, bahwa zat kimia kebutuhan rumah tangga menempati urutan pertama sebagai penyebab keracunan. Berikut Zat Kimia Rumah Tangga (ZKRT) yang ada disekitar kita, antara lain cairan pembersih, detergent, insektisida, minyak tanah, kosmetik, herbisida, pengusir serangga atau hewan pengerat, shampo, sabun, cat, penghapus, lem, pembersih karat, pengilap mobil dan zat pewangi. Barang-barang tersebut mengandung zat kimia yang kadang kita sendiri tidak pernah tahu apa isinya, cara memakai yang benar dan toksisitasnya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
Komponen dari ZKRT tersebut dapat berupa aseton, alkali kaustik, metanol, terpentin, petroleum, logam berat, amil alkohol, atilen glikol, xilen, toluen, natrium hipoklorid atau karbon tetraklorida. Cendolers, berikut beberapa jenis ZKRT, komponen yang ada didalamnya dan dampak terhadap kesehatan apabila tidak dipergunakan dengan baik.
  • Cat
Ada 2 jenis cat latex yang sering digunakan, cat latex yang diencerkan atau dicampur dengan air dan yang diencerkan atau dicampur dengan minyak/terpentin. Cat latex yang berbasis air mengandung zat seperti elastomer, titanium oksida, zinc oksid, etilen glikol dan pewarna. Beberapa cat juga mengandung merkuri yang digunakan sebagai preservative terhadap jamur. Sedangkan cat berbasis minyak selain mengandung zat-zat diatas juga mengandung resin atau varnish.
Toksisitas dari cat latex berbasis air relatif rendah, meskipun terdapat pelarut etilen glikol, tetapi iritasi terhadap kulit, mata dan membran mukosa dapat juga terjadi. Efek samping tersebut juga dapat terjadi setelah terkena cat latex berbasis minyak selain efek sakit kepala dan mual. Efek samping tersebut akan meningkat jika kita menggunakan cat tersebut pada ruang yang ventilasinya buruk atau ruang tertutup.
Selain kandungan cat seperti diatas, cat juga mengadung Pb yang konsentrasinya dapat lebih besar dari 1%, bahkan cat produk lama kandungannya dapat lebih tinggi. Senyawa Pb yang masuk kedalam tubuh, dapat terakumulasi. Selain itu ada sumber lain yang mengandung Pb seperti mainan anak-anak, cat furniture dan kendaraan bermotor akan meningkatkan jumlah Pb di dalam tubuh dan dapat berbahaya.
Efek dari Pb terutama menimbulkan gangguan saluran pencernaan dan otak. Efek pada saluran pencernaan meliputi hilangnya nafsu makan, muntah, nyeri, lambung dan sembelit. Selain pada otak dapat menyebabkan iritabilitas, ataksia (gangguan koordinasi), kejang dan koma. Pada anak-anak Pb juga dapat menimbulkan kebodohan.
  • Lem
Cendolers, lem yang dijual secara komersial mengandung pelarut seperti toluene dan xylem. Menghirup uapnya dapat menyebabkan pusing, mabuk, sakit kepala, bingung, stupor, dan koma. Kematian juga dapat terjadi karena gagal nafas atau gagal jantung. Menelan lem yang mengandung pelarut seperti toluen dan xylem dapat menyebabkan rasa terbakar pada mulut, tenggorokan, mual, muntah, salivasi dan batuk. Jika mengenai kulit, dapat menyebabkan kemerah-merahan dan jika kontak dengan mukosa dapat menyebabkan melepuh.
  • Pembersih Cat, Pelarut dan Tiner
Pembersih cat pada umumnya mengandung aseton, terpentin, kadang-kadang metanol. Aseton mempunyai bau yang khas dan rasa pedas, menghirup zat ini sedikit saja Cendolers, dapat menyebabkan mual, muntah dan diare. Dalam jumlah besar dapat menyebabkan koma dan kematian. Selain itu menghirup uap aseton juga dapat menyebabkan batuk, iritasi pernafasan, paru-paru dan kelelahan.
Cendolers, menghirup atau menelan metanol dapat menimbulkan toksisitas serius. Awalnya menimbulkan kram pada saluran pencernaan, muntah dan pandangan kabur. Kebutaan dan kerusakn otak permanent dapat juga terjadi, lho. Metanol juga terdapat pada minuman beralkohol (etanol) yang tidak terdaftar atau dijual secara ilegal yang kadang-kadang dibikin dari etanol untuk keperluan medis. Jadi jangan heran kalau banyak kita melihat kematian mendadak atau keracunan akibat pesta miras.
Terpentin adalah zat yang diperoleh dari destilasi kayu cemara dan sangat banyak digunakn sebagai pelarut cat. Menelan terpentin dapat menyebabkan nyeri lambung, mual, muntah dan diare, gangguan fungsi otak (SSP) dan depresi/gagal pernafasan. Terpapar bau dan uap terpentin jangka panjang dapat menyebabkan radang mata, bronchitis, pneumonia, dan denyut jantung meningkat.
Penghilang cat, wax, varnish umumnya mengunakan senyawa-senyawa seperti kerosene, benzene, toluen, gasoline dan kloroform sebagai pelarut. Benzen dan toluen mudah menguap yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan dan pencernaan. Menghirup toluen dapat menyebabkan kerusan pada ginjal dan otak. Paparan oleh benzene dengan dosis tinggi untuk para pekerja dapat menyebabkan kanker pada sumsum tulang belakang.
Gasoline merupakan produk petroleum yang mempunyai efek seperti kerosene. Menghirup uap gasoline dapat menyebabkan kemerahan pada muka, ataksia, mental confuse, disorientasi, gangguan bicara, dan susah menelan. Pada konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, koma dan kematian.
Cendolers, sebenaranya masih banyak ZKRT berbahaya lainnya, seperti Pembersih (detergent, pemutih, zat-zat korosif, pemoles, pembersih alat-alat gelas, disinfektan), Kosmetik, Campuran ZKRT yang berbahaya dan Zat lain-lain. Tapi untuk hari ini 3 dulu yaaa, supaya gak capek bacanya, minggu depan bersambung lagi ke episode 2…..
Oia, hari ini Bunder gak bisa ikut jaga Klinik Cendol Tercinta, soalnya dalam dunia nyata sedang kerja plus sibuk. Kata Bunda, Mbak Divin juga mau jalan-jalan, tapi akhirnya diantar sama Fuan, akankah timbul benih-benih cinta diantara mereka? (Lho, koq jadi gosip.... :p)

Salam Selasa Penuh Cinta
Bunder Baker,
Tietie Surya dan Dyani T. Wardhyni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya....